Senin, 26 September 2022 Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara Bapak H. Baharuddin, Siagian, SH, M. Si membuka Kegiatan Program Pemagangan Ke Luar Negeri (Jepang) Tahun 2022 di Aula H. Anief Univesitas Medan.

Pada kesempatan tersebut Bapak Bahar Siagian menyampaikan kepada seluruh calon peserta agar mengikuti seleksi dengan baik dan serius.”Jangan main-main, ikuti arahan karena putra-putri yang terbaik yang dikirim”, tegasnya.

Bapak Bahar Siagian juga menyampaikan agar ketika di Jepang harus bisa menyesuaikan diri terhadap budaya disana. “Disiplin, tanggungjawab, rajin dan kerja keras, etos kerja nya di Jepang yang patut dicontoh agar ketika kembali ke Indonesia bisa diterapkan disini”, tambahnya.

Peserta yang mengikuti Pemagangan ke luar negeri (Jepang) berjumlah 280 peserta. Peserta nantinya akan melewati beberapa tes diantaranya tes matematika, kesamaptaan tubuh dan tes fisik. Setelah pembukaan peserta langsung dikumpulkan dan dilihat kondisi tubuh atau fisik apakah ada yang pernah operasi/ patah tulang (kurang dari 1 tahun), keutuhan gigi, cacat fisik, dan bertato. Pada saat tersebut ada 5 peserta yang dinyatakan gugur tidak bisa ikut tahap selanjutnya.

Pada tes matematika ada 22 orang gugur tidak dapat melanjutkan tes kesamaptaan tubuh. Jadi ada 253 peserta yang dapat untuk ikut tes kesamaptaan tubuh.

Hari ini, tanggal 27 September 2022 dilaksanakan tes kesamaptaan tubuh, ada 20 peserta dinyatakan gugur, 18 peserta yang dinyatakan gugur pada tes dan 2 peserta tidak menghadiri tes tersebut. Selanjutnya peserta akan dihadapkan tes fisik dan tes wawancara.