Bidang Perlindungan Ketenagakerjaan mempunyai tugas membantu Kepala Dinas dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pengawasan ketenagakerjaan, meliputi perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan. Bidang Perlindungan Ketenagakerjaan menyelenggarakan fungsi :

1. Penyelenggaraan pembinaan pegawai pada lingkup Bidang Perlindungan Ketenagakerjaan;

2. Penyelenggaraan arahan, bimbingan kepada pejaba struktural pada lingkup Bidang Perlindungan Ketenagakerjaan;

3. Penyelenggaraan kebijakan, perencanaan, penyusunan administrasi dan pelaporan serta penyempurnaan pelaksanaan pengawasan norma ketenagakerjaan, keselamatan dan kesehatan kerja dan perlindungan tenaga kerja khusus, serta penindakan hukum ketenagakerjaan sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

4. Penyelenggaraan penyusunan penyempurnaan standar pelaksanaan pengawasan norma ketenagakerjaan, keselamatan dan kesehatan kerja dan perlindungan tenaga kerja khusus serta penindakan hukum ketenagakerjaan sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

5. Penyelenggaraan koordinasi perencanaan dan penyusunan kebijakan rencana pembangunan jangka menengah dan tahunan bidang, sesuai ketentuan dan standar yang ditetapkan;

6. Penyelenggaraan pemberian masukan yang perlu kepada Kepala Dinas, sesuai bidang tugas dan fungsinya;

7. Penyelenggaraan pelaporan dan pertanggung jawaban atas pelaksanaan tugas dan fungsi kepada Kepala Dinas, sesuai standar yang ditetapkan