Sambutan Menteri Ketenagakerjaan Bapak Hanif Dhakiri dalam diskusi acara ulang tahun ke – 15 Prakarsa di Jakarta (Selasa, 17/9/2019). “Negara wajib hadir memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja. Tapi cara melindunginya boleh jadi sudah harus berubah karena dunia dan pasar kerja yang juga berubah semakin fleksibel The best protection is skills protection, employability protection. Perlindungan terbaik untuk tenaga kerja adalah perlindungan skill, perlindungan kemampuan bekerja.
Mereka harus dipastikan dapat meningkatkan skill-nya terus menerus (lifelong learning) dan punya kemampuan bekerja terus menerus sampai usia pensiun (lifelong employability). Di luar itu, tentu saja jaminan sosial untuk semua warga negara. Dan negara hadir untuk mempersiapkan SDM yang kompeten dan memastikan terlindunginya pekerja melalui skema jaminan sosial”.

Menyikapi sambutan Bapak Hanif Dhakiri, Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara melalui UPT. Pelatihan Tenaga Kerja dan program magang baik dalam negeri maupun luar negeri yang ada pada Bidang Pembinaan, Pelatihan dan Penempatan Kerja siap melindungi skill para pekerja dan menambahkan skill para pencari kerja dengan program pelatihan-pelatihan tenaga kerja. Harianto ButarButar, SE, M.Si selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara mengharapkan masyarakat Provinsi Sumatera Utara siap menjadi pekerja yang terampil, produktif dan terlindungi guna mewujudkan Sumatera Utara Bermartabat. (Source: ig @kemnaker)