Tenaga kerja terampil dan profesional dalam persaingan dunia kerja di Indonesia maupun Internasional saat ini merupakan tuntutan yang harus memiliki solusi. Untuk itu Pemerintah terus melakukan persiapan dan pelatihan – pelatihan kepada para pencari kerja agar siap untuk bersaing menghadapi permintaan dunia kerja.

Pemerintah Provinsi Sumatera Utara melalui Dinas Tenaga Kerja-nya melakukan persiapan dengan mengadakan banyak Kegiatan Pemagangan Dalam dan Luar Negeri untuk mengasah kemampuan, kompetensi tenaga kerja menjadi lebih terampil, berkualitas dan menjadi tenaga profesional yang siap maju dalam persaingan kerja. Usaha pemerintah Indonesia dalam mempersiapkan tenaga – tenaga profesional ini menjadikan negara Indonesia sebagai salah satu dari 5 negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia.   

Bapak Harianto Butarbutar selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara menyampaikan “ Bahwa Kualitas dan Kuantitas tenaga kerja perlu ditingkatkan, untuk itu Pemerintah Provinsi Sumatera Utara bekerja sama dengan berbagai pihak Swasta agar dapat menjangkau seluruh pelosok daerah dan dapat memberikan pelatihan-pelatihan untuk membangun SDM.  Hal ini menjadi Prioritas Pembangunan 2020-2024”.

Kegiatan Pemagangan Dalam Negeri periode Juli s.d November 2019 melibatkan 20 perusahaan yang dapat menampung 300 peserta magang. Metode pelatihan yang dilakukan dalam pemagangan ini terdiri dari 25% teori dan 75% praktek. Bapak Harianto Butarbutar berharap para peserta magang ini siap untuk terjun ke dunia industri, dengan ilmu yang didapatkan selama ikut dalam pemagangan tersebut. “Peserta Pemagangan dapat langsung bersaing sesuai dengan jurusannya, dapat berwirausaha sendiri, dan terus meningkatkan keterampilannya tidak hanya disaat pemagangan saja melainkan juga di dunia industri.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provsu, Bapak Harianto Butarbutar juga mengucapkan terima kasih kepada PT. Innovam Indonesia Global sebagai penyalur Pemagangan Dalam Negeri dan juga kepada perusahaan-perusahaan lainnya yang terlibat dan menjadi tempat para peserta untuk magang. “Kami berterima kasih kepada perusahaan-perusahaan yang bersedia menerima anak-anak kami ini untuk dididik di perusahaannya dan saya juga berharap perusahaan-perusahaan lainnya bisa ikut dalam meningkatkan Keterampilan Tenaga Kerja di Provinsi Sumatera Utara.”