Simalungun, 27 November 2020 UPT Pelatihan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara melakukan penutupan kegiatan Pelatihan Non Boarding Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Latihan Tenaga Kerja (BBPLK) Medan Bapak M. Ali, SS. MA, Pimpinan Plaza Millenium sekaligus Ketua FKLPI Bapak Heri Zulkarnaen, Kadin Sumatera Utara Bapak Hendra, Pimpinan Innovam Abok Kosim, Dream Art Bapak Aditya dan Pimpinan PT. Gunung Mas Wisesa Bapak Ricky.

Pada kesempatan tersebut Bapak Kepala BBPLK Medan menyampaikan harapan dan dukungannya terhadap kegiatan pelatihan yang dilakukan UPT. Pelatihan Tenaga Kerja.

"Saya sudah tiga kali datang ke UPT. Pelatihan Tenaga Kerja ada perubahan luar biasa dan saya akan menyampaikan kebutuhan yang diperlukan UPT. Pelatihan Tenaga Kerja kepada Kementerian Ketenagakerjaan pada pertemuan dengan Staff Ahli Kementerian Ketenagakerjaan, ujar Bapak M. Ali.

Para tamu undangan lainnya menyampaikan masukan dan arahan kepada para peserta Pelatihan.

"Jangan milih-milih pekerjaan, masuk dulu dan harus jujur. Jadilah wirausaha baru jangan jadi pekerja kalau mau kaya. Dalamin terus skill agar bermanfaat bagi semua orang. Kami mencari tenaga kerja terampil bukan asal-asal", ujar Bapak Heri Zulkarnaen.

"Saya mencari orang yang pengalaman dan berskill, saya kalau mengandalkan ijazah saja saya mungkin sulit mendapatkan project,", ujar Bapak Aditya.

Ibu Ina Zalisworo selaku Kepala UPT. Pelatihan Tenaga Kerja berharap kepada para tamu undangan agar mewujudkan impian yang selama ini diperjuangkan. 

"Änak didik yang melewati ujian kompetensi dan mendapatkan nilai terbaik akan merealisasikan, memanfaatkan dan menggunakan tenaga ahli yang sudah dilatih di UPT. Pelatihan Tenaga Kerja", ujar Ibu Ina Zalisworo.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara Bapak H. Baharuddin Siagian, SH. M.Si sebelum menutup kegiatan tersebut berpesan kepada seluruh peserta pelatihan.

"Peserta pelatihan harus lulus semua saat ujian sertifikasi dan peserta harus bercita-cita menjadi wirausaha pemuda pemula", ujar Bapak H. Baharuddin Siagian.

Didalam penyampaiannya Kepala Dinas Tenaga Kerja tidak bosan mengingatkan Protokol Kesehatan Covid-19 yaitu 3M memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Para tamu undangan, Pimpinan Plaza Millenium, Pimpinan Innovam, Pimpinan PT. Gunung Mas Wisesa dan Dream Art menandatangani MoU dalam rangka penempatan kerja setelah selesai pelatihan.

Untuk jenis-jenis Pelatihan Non Boarding Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) tersebut adalah komputer, teknisi handphone, garmen dan teknisi las. Pelatihan tersebut dilaksanakan tanggal 20 Oktober 2020 sampai 27 November dan pelatihan las sampai 21 November 2020.