“Membuat brand produk usaha kita menjadi “eye catching” atau menarik perhatian bagi pembeli merupakan salah satu cara mengelola UMKM agar bisa produktif sehingga di dalam kondisi apapun usaha bisa tetap berjalan”. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara Bapak H. Baharuddin Siagian, SH, M.Si, dalam sambutannya pada pembukaan Pelatihan Peningkatan Produktivitas (P3) di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Medan. (20 September 2021)

Dalam Pembukaan Pelatihan tersebut turut hadir pula Ketua Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Sumut Ibu Hj. Yulidar Bugis, SE., Kepala UPT. PTK Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara Ibu Ina Zalisworo, M.Si., Instruktur Pelatihan Bapak Bachtiar Siregar, serta Kepala Seksi Penegakan Hukum Ketenagakerjaan Bapak Mangatur Sihaloho, S.Sos,M.Si.

Bapak Bahar Siagian juga menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini merupakan strategi pemerintah dalam hal membuka lapangan pekerjaan “Para ibu-ibu peserta pelatihan harus mensyukuri bisa terpilih mengikuti pelatihan ini serta harus memanfaatkan sebaik mungkin ilmu yang disampaikan selama pelatihan ini sehingga ibu-ibu bisa mengelola usaha menjadi maju yang nantinya akan membutuhkan tenaga kerja serta membuka lapangan pekerjaan.”

Pelatihan Peningkatan Produktivitas (P3) ini dilaksanakan selama 5 hari mulai 20 s.d. 24 September 2021, bertempat di Ruang Pertemuan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Sumatera Utara. Peserta pelatihan merupakan ibu-ibu yang bergabung di dalam IPEMI SUMUT yang berjumlah 25 orang.