UPT. Pelatihan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja Prov. Sumatera Utara di Pematangsiantar melaksanakan kembali kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK). Kegiatan ini  juga menghadirkan Bapak  Harianto Butarbutar, SE, M. Si selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara sebagai pembicara. Materi yang disampaikan mengenai sistem dan aturan bekerja di  kelembagaan dari tugas pokok hingga fungsi kerjanya. Tujuan Pelatihan ini untuk mempersiapkan pekerja – pekerja yang kompeten dan siap bersaing di Lapangan Kerja. Bapak harianto berharap para peserta bisa sungguh – sungguh dalam menjalani Pelatihan. Persaingan dalam mendapatkan pekerjaan yang bagus sebaiknya menjadi motivasi untuk berlatih lebih giat meningkatkan kemampuan atau kompetensi kerja dalam pelatihan ini.

Peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) dalam sesi interaktif dengan Bapak Harianto juga menyampaikan aspirasi mereka tentang fasilitas pelatihan, agar prasarana dan sarana yang sudah ada semakin dilengkapi dan dimodernisasi lagi. Bahkan peserta berharap 240JP yang disediakan untuk Pelatihan ditambah lagi. Aspirasi peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) ini disambut baik oleh Bapak Harianto.

Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) ini terbagi 5 Sub Kejuruan yakni Audio Video (23/09/2019 S.d 26/10/2019),  Komputer Dasar (23/09/2019 S.d 26/10/2019),  Jaringan Komputer (23/09/2019 S.d 26/10/2019) , Tata Rias (15/10/2019 s.d 13/11/2019) dan Teknisi HP (15/10/2019 s.d 19/11/2019). Adapun peserta yang terlibat dalam satu sub kejuruan yakni 16 orang. Sehingga total peserta Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) sebanyak 80 orang.

Dalam kesempatan ini Bapak Harianto juga memonitoring pekerjaan rehab gedung workshop Pelatihan di UPT. Pelatihan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja Prov. Sumatera Utara di Pematangsiantar.  Beliau didampingi Kepala UPT. Pelatihan Tenaga Kerja, Bapak Ir. Jujur Sihombing, M.Si untuk melihat sejauh mana rehab gedung yang dilakukan dalam upaya mendukung totalitas pelatihan – pelatihan yang dilaksanakan. Bapak Kadisnaker berharap melalui UPT. Pelatihan Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja Prov. Sumatera Utara di Pematangsiantar ini boleh bersaing dalam meningkatkan kompetensi kerja sejalan dengan tingkat perkembangan teknologi dunia kerja.