Pawai Merdeka Sumatera Utara suskes menghibur warga Kota Medan dan sekitarnya, di depan Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Rabu (17/08/2022) siang.

Tampak pameran bertajuk pawai pembangunan Sumut dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 itu, dihadiri banyak warga.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Ketua DPRD Sumut, Baskami Ginting, Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel dan Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak bersama Forkopimda kompak menyapa dan melambaikan tangan kepada seluruh peserta.

Tercatat 1.344 peserta mengikuti pawai dengan berjalan kaki, kemudian 55 mobil hias. Peserta antara lain berasal dari seluruh OPD Pemprov Sumut, perwakilan Pemko Medan, Pemko Tebing Tinggi dan Pemkab Asahan.

Selain itu korps TNI dan Polri, sejumlah instansi BUMN, BUMD Sumut, kementerian, ormas, pelajar hingga pramuka turut ambil bagian pada pawai yang juga dihadiri Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution dan undangan dari sejumlah Konjen negara sahabat itu.

Para peserta sukses mencuri perhatian, di antaranya dari TNI AU yang personilnya tampak dielu-elukan warga. Kemudian para personil Satpol PP Sumut, tampil memikat setelah memperagakan lakon siap siaga di hadapan Gubernur Edy dan Forkopimda.

Tak hanya itu, peserta dari Dinas Tenaga Kerja Sumut, juga disambut meriah warga. Mereka hadir dengan menggunakan 2 armada mobil hias plus personil yang menggambarkan kesiapan pelayanan tenaga kerja.

Yang juga unik dari mereka adalah kala salah satu personilnya didampingi Kadisnaker Baharuddin Siagian, menyerahkan setumpuk bunga kepada Ketua TP PKK, Nawal Lubis.

Kemudian Pasukan Raider 100 yang menunjukkan bagaimana mereka berformasi taktis seperti hendak menyerang sarang musuh. Warga juga memberikan tepuk tangan yang meriah kepada mereka.

Tak kalah menariknya aksi pawai dari yang mewakili Pemko Medan. Mereka turut membawakan tari-tarian multietnis Kota Medan. Begitu juga dengan aksi barongsai yang tampil memikat, persembahan dari etnis Tionghoa Sumut.

Lalu Gubernur Edy Rahmayadi turun dari panggung kala peserta dari Inspektorat Sumut lewat. Ia bersama-sama dengan Inspektur Daerah Sumut, Lasro Marbun, menerbangkan balon ke udara, sekaligus mendeklarasikan wilayah bebas korupsi dan bersih melayani.

Selain itu, ada juga peserta yang sempat membagikan sayuran kepada masyarakat. Mobil hias tersebut berasal dari Dinas Tanaman Pangan dan Holtikuktura Sumut. Masyarakat pun langsung mengerumuni mobil hias tersebut.

Pawai Merdeka berlangsung sekitar 2 jam. Namun warga tampak setia menyaksikan hingga akhir pawai. Gubernur Edy dan Forkopimda serta undangan, tampak bergembira.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang resmi melepas pawai tersebut, berharap kegiatan itu menjadi penyemangat dan membangkitkan kembali semangat membangun daerah setelah 2 tahun dilanda pandemi covid-19.

"Mudah-mudahan bermanfaat dan semoga jadi penyemangat untuk kita, sehingga Sumut Bermartabat," kata Edy Rahmayadi, yang disambut masyarakat dengan ucapan amin.

Laporan akhir dari Kepala Satpol PP Sumut, Mahfullah Pratama Daulay, dan sesi foto bersama Gubernur Edy bersama Forkopimda, menandai berakhirnya Pawai Merdeka tersebut.

 

Sumber :

Medanbisnisdaily.com-Medan. https://medanbisnisdaily.com/news/online/read/2022/08/17/160054/pawai_merdeka_sumut_sukses_hibur_warga_gubernur_edy_dan_forkopimda_kompak_sapa_peserta/