Selasa, 1 September 2020 dilaksanakan Pembukaan Pelatihan Kewirausahaan Produktif Stimulus Ekonomi Ketenagakerjaan dan Dunia Usaha Program Peningkatan Kesempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan ini ditujukan untuk tenaga kerja penganggur ex. Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang dipulangkan dari luar negeri, tenaga kerja penganggur akibat PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dari perusahaan, dan tenaga kerja penganggur dari UKM (Usaha Kecil Menengah). Acara Pembukaan Pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Provsu dan peserta pelatihan paket 1 dan paket 2 yang berjumlah 40 orang, acara pembukaan pelatihan tersebut sekaligus diikuti dengan tahapan seleksi peserta dan pelaksanaan kegiatan pelatihan paket 1 dan paket 2. Pelaksanaan pelatihan tersebut tidak hanya diselenggarakan di Kota Medan saja, namun juga diselenggarakan di 11 Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Sumatera Utara. Total seluruh peserta kegiatan pelatihan ini berjumlah 480 orang yang terbagi dalam 24 paket.

Pada saat pidato Bapak Harianto Butarbutar, SE, M.Si selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja Provsu menyampaikan “Pelatihan kewirausahaan produktif adalah suatu proses pembelajaran untuk membangkitkan motivasi berwirausaha bagi masyarakat yang memiliki minat untuk memulai usaha (pre start – up stage) dan menemukan ide –ide usaha/bisnis yang sudah matang.”

Setelah adanya pelatihan ini diharapkan 60% dari peserta yang membuka wirausaha baru, tidak lagi bekerja  pada perusahaan namun dapat menjadi pengusaha dan akan membuka lapangan pekerjaan bagi para penggangguran.

Selama Pelatihan tersebut peserta akan diberikan materi pembelajaran mengenai kewirausahaan berdasarkan materi atas isu-isu aktual yang dapat dipahami seiring dengan kebutuhan melalui teori dan praktek yang disampaikan oleh instruktur dan narasumber.

Kemudian peserta kegiatan pelatihan yang telah selesai melaksanakan pelatihan dapat memilih jenis usaha sesuai dengan keinginan mereka dan nantinya pemerintah akan memberikan bantuan berupa alat dan bahan yang diperlukan untuk memulai usaha tersebut.