Secara resmi pemerintah telah mengumumkan  pada tanggal 2 Maret 2020 bahwa ada dua Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertempat tinggal di Depok Jawa Barat positif terinfeksi Covid-19. Covid-19 (Novel Coronavirus) adalah virus baru yang menyebabkan penyakit saluran pernafasan dengan gejala seperti demam, batuk pilek, sakit tenggorokan serta mengalami letih dan lesu. Virus ini berasal dari Cina. Novel coronavirus merupakan satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS.

Sehubungan dengan informasi tersebut, Gubernur Sumatera Utara menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan pencegahan yang dimulai dari diri sendiri agar dapat meminimalisir virus ini sampai ke Sumut. Berikut cara pencegahan:

- Sering cuci tangan pakai sabun

- Gunakan masker bila batuk atau pilek

- Konsumsi gizi seimbang, perbanyak sayur dan buah

- Hati-hati kontak dengan hewan

- Rajin olahraga dan istirahat cukup

- Jangan mengkonsumsi daging yang tidak masak

- Bila batuk, pilek dan sesak nafas segera ke fasilitas kesehatan.

Masyarakat juga dihimbau agar tidak panik, tetap tenang dan hindari penyebaran berita yang belum terkonfirmasi,  berperilaku hidup sehat dan bersih serta menjaga stamina dan daya tahan tubuh serta tidak dibenarkan untuk memborong dan menimbun bahan pangan. Dan bila ada gejala demam, batuk, sakit tenggorokan, sesak nafas, dihimbau untuk menggunakan masker dan segera memeriksakan diri ke Rumah Sakit.

Berikut daftar Rumah Sakit (RS) rujukan untuk penanganan pasien Corona (Covid-19) yang telah ditetapkan pihak Kemenkes RI di Sumut :

1. RSU. H. Adam Malik Medan.

2. RSU. Kabanjahe.

3. RSU. Pematang Siantar.

4. RSU. Tarutung.

5. RSU. Padang Sidempuan.