Melalui live streaming di channel youtube Kemenko Perekonomian RI (Sabtu, 11 April 2020), Bapak Airlangga Hartarto secara resmi mengumumkan pembukaan pendaftaran kartu prakerja pada halaman website prakerja.go.id.

Menko Airlangga mengatakan bahwa syarat peserta program Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI) berusia di atas 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Pendaftarannya terdiri dari 3 (tiga) tahap. Pertama, calon peserta atau pendaftar membuat akun Prakerja di situs www.prakerja.go.id. Kemudian pendaftar memasukkan biodata. Kedua, pendaftar mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama ±15 menit. Ketiga, pendaftar bergabung di gelombang pendaftaran yang sedang dibuka.

Setiap minggunya, mulai hari ini (11 April 2020) sampai minggu ke-4 November 2020, akan dibuka kuota untuk sekitar 164 ribu peserta. Pendaftaran dapat dilakukan setiap saat, 24 jam 7 hari dalam seminggu. Untuk gelombang pertama, pendaftaran dibuka sampai Kamis 16 April 2020, pukul 16.00 WIB. Pengumuman peserta yang lolos untuk gelombang pertama akan diumumkan pada Jumat 17 April 2020. Jika belum berhasil diterima sebagai peserta pada gelombang pertama, pendaftar dapat bergabung di gelombang selanjutnya.

Berkas yang harus disiapkan untuk mendaftar kartu prakerja adalah KTP yang asli, discan secara jelas (ukuran maksimal 5 MB, jpg/png) dan foto diri dengan memegang KTP (ukuran maksimal 5 MB, jpg/png).

Layanan informasi kartu prakerja dapat dihubungi melalui call center 021-25541246 senin-jumat dari pukul 08.00 WIB s/d 19.00 WIB, atau melaui email info@prakerja.go.id dan melaui media sosial instagram resmi kartu prakerja yaitu @prakerja.go.id.

Diinformasikan juga kepada seluruh calon peserta Kartu Prakerja bahwa Pendaftaran Kartu Prakerja tidak dipungut biaya apapun dan diminta untuk tidak mempercayai oknum yang meminta biaya pendaftaran Kartu Prakerja.