Dalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap pengembangan produktivitas, perlu dilaksanakan pelatihan peningkatan produktivitas karena gaung isu produktivitas secara terus menerus tersiarkan dan kebijakan pemerintah saat ini melaksanakan program kegiatan pelatihan peningkatan produktivitas untuk menjadikan para pekerja terarah, bermanfaat, dan berdaya guna kepada masyrakat.

Dengan ini peranan pemerintah khususnya Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara dalam meningkatkan sumber daya manusia (sdm) adalah melalui pelatihan kerja, peningkatan produktivitas, uji kompetensi bersertifikasi agar penempatan tenaga kerja yang dibutuhkan agar sesuai dengan kebutuhan pasar kerja, baik di dalam maupun luar negeri.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara Harianto ButarButar, SE, M.Si melalui sambutannya pada pembukaan acara Program Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja dan Produktivitas (PKTKP) di PT. Indofood CBP Sukses Makmur menyampaikan bahwa “Peningkatan dan pengembangan sdm dapat dilakukan melalui jalur pendidikan formal, seperti kegiatan pelatihan, produktivitas, pelatihan pengembangan ditempat kerja, perencanaan, terpadu yang berkesinambungan sehingga berorientasi pada kebutuhan pasar kerja secara global” (29/7/2019).

Pelatihan produktivitas adalah kegiatan pelatihan yang bermanfaat untuk peningkatan pengetahuan dan wawasan guna berkemampuan kepada tenaga kerja diperusahaan mikro, kecil dan menengah sehingga penerapan metode, alat dan teknik dapat terlaksana melalui sop yang berlaku disesuatu perusahaan.