UPT. Pelatihan Tenaga Kerja di Pematangsiantar kembali mengadakan  acara Penutupan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) dengan Sub Kejuruan Reparasi HP dan Menjahit sebanyak 2 paket dengan jumlah peserta 32 orang.

Pelaksanaan Program Pelatihan Sub Kejuruan Reparasi handphone dan Menjahit dalam Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) melatih peserta dalam mengembangkan pengetahuan, keterampilan & sikap sebagai salah satu bentuk persiapan dalam menghadapi Era Masyarakat Ekonomi Asean. Pelatihan ini juga mendorong peserta pelatihan yang sebelumnya sudah mendapat keterampilan dan dilatih kembali kemahirannya sehingga bisa membuka Wira Usaha baru dengan memanfaatkan Fenomena Revolusi Industri 4.0 dan siap bersaing dalam dunia usaha.

Acara Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) ini ditutup oleh Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Medan yang diwakili oleh Bapak Huminsa Tambunan, S.T, M.M. Beliau hadir bersama rombongan dalam acara ini dan  di dampingi langsung oleh Pejabat Struktural di UPT. Pelatihan Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara di Simalungun. Ada beberapa pesan yang disampaikan dalam kata sambutan menutup acara ini "Para peserta yang sudah mengikuti pelatihan dan sudah mendapatkan Sertifikat disarankan agar magang ke usaha - usaha yang ada disekitar tempat tinggal masing-masing, mempersiapkan diri untuk bersaing di pangsa pasar, bisa langsung berwirausaha, tetap melatih diri meningkatkan keterampilan menyesuaikan kebutuhan pasar kerja." Beliau juga menambahkan, "untuk tahun berikutnya jumlah jam pelatihan akan ditambah dan direncanakan ada OJT nya sehingga sangat diharapkan melalui pelatihan ini para peserta boleh semakin termotivasi untuk menjadi pelaku usaha mandiri, tidak lagi jadi pengangguran.